PERANGKAT DESA HARUS BERIJAZAH SMA/SEDERAJAT

Sebagaimana ketentuan pasal 50 Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, bahwa perangkat desa harus memiliki ijazah pendidikan SMA atau sederajat. Ketentuan ini mutlak harus dipenuhi dan dijalankan. Demikian yang disampaikan Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE, M.Si, pada kesempatan apel pagi bersama (Senin, 3/11) di lapangan apel Setda. Dalam apel yang dihadiri oleh seluruh Camat tersebut, Bupati menegaskan bahwa para Camat harus memfasilitasi desa-desa diwilayah kerjanya untuk melaksanakan ketentuan Undang-undang tersebut. “Apakah perangkat desa yang belum memiliki ijazah SMA/sederajat, diberhentikan dari jabatannya, tentunya bukan itu langkah yang harus diambil,” katanya. Bupati melanjutkan, “Akan tetapi tentunya tidak boleh dibiarkan meraka berada pada posisinya saat ini.” Bupati Sutrisno mengarahkan agar para perangkat desa ini dapat menempuh program belajar Paket C. “Camat harus mendorong mereka untuk mengikuti profram kejar Paket C, agar mereka memiliki kesiapan dari sisi sumber daya manusia,” beber Bupati dalam amanatnya.

          Menanggapi hal tersebut, Camat Sukahaji, H. Sidharta, S.STP., MP, didampingi oleh Sekretaris Kecamatan, Rachman, S.Sos dan Kasi Pemerintahan & Yanum, Casmini, S.Sos, memaparkan, bahwa Kecamatan Sukahaji telah mengambil langkah-langkah terobosan guna melaksanakan ketentuan tersebut. “Kami telahmelakukan inventarisasi dan pemetaan perangkat desa berdasarkan criteria usia dan ijazah pendidikannya,” bebernya.

“Khusus untuk perangkat desa yang belum memiliki ijazah SMA/sederajat, kami telah mengundang mereka dan memfasilitasinya bersama UPTD Pendidikan Sukahaji, agar segera dapat didaftarkan mengikuti program kejar, baik paket B maupun paket C,” jelasnya. Selanjutnya Camat Sidharta menjelaskan, “Disamping untuk memenuhi syarat normative dalam undang-undang, juga diharapkan agar mereka memiliki tambahan pengetahuan dan keluasan wawasan, sebagai bekal didalam bertugas melayani masyarakat,” katanya mengakhiri penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *