DORONG PARTISIPASI PEREMPUAN, TP PKK CANANGKAN GERAKAN PEREMPUAN TANAM TEBAR DAN PELIHARA POHON

Sukahaji, (23/12)

            IMG_20141223_101149Turut serta dalam program penanaman 1 milyar pohon, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Majalengka, Hj. Dedeh Karna Sobahi, mencanangkan GPTTPP, Gerakan Perempuan Tanam Tebar dan Pelihara Pohon. Bertempat di Desa Padahanten Kecamatan Sukahaji, pencanangan ini dihadiri pula oleh pengurus TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan Sukahaji, TP PKK Desa se-Kecamatan Sukahaji, unsur Dinas Hutbunak, Kepala Desa Padahanten serta jajaran perangkatnya serta dihadiri pula oleh tokoh masyarakat desa.

IMG_20141223_100530

            Dalam sambutannya, Hj. Dedeh Karna Sobahi menyampaikan bahwa gerakan penanaman pohon ini, sejalan dengan program kerja PKK di Pokja III. “Kaum perempuan mengambil peran sebagai motivator, penyebar informasi serta turut memberikan contoh kepada masyarakat, guna melestarikan lingkungan melalui gerakan menanam pohon ini,” ujarnya didalam sambutan. Selanjutnya dikatakan pula, bahwa setelahnya menanam pohon, harus ditindaklanjuti dengan memeliharanya agar tidak mati atau hilang. “Harus diciptakan lebih banyak lagi tanah hijau atau green land, agar lingkungan terjaga keasriannya,” jelasnya lagi. Beliau menjelaskan pula, bahwa kerusakan lingkungan yang ditandai dengan gundulnya hutan berpotensi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. “Jangan sampai tragedy tanah longsor di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, menimpa masyarakat di wilayah kita. Kita turut prihatin atas terjadinya bencana yang menimpa saudara-saudara kita di sana,” katanya.

           IMG_20141223_100722 Sementara itu, Camat Sukahaji, H. Sidharta, S.STP., MP, dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya, bahwasannya pencanangan penanaman pohon tersebut dilakukan di Kecamatan Sukahaji. “Kami sangat gembira kegiatan penanaman pohon ini dilakukan di wilayah kami. Ini semakin menguatkan tekad kami untuk terus berupaya menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya kelestarian lingkungan melalui menanam pohon,” paparnya. “Ruang wilayah Sukahaji saat ini mengalami kerusakan lingkungan yang cukup berat, sebagai akibat maraknya aktifitas galian c illegal. Program ini kami anggap sebagai bentuk perlawanan terhadap aktifitas perusakan lingkungan yang diakibatkan oleh penambangan illegal,” tegasnya lagi.

            Dikesempatan terpisah, Kepala Dinas Hutbunak Kabupaten Majalengka, Ir. H. Sadili, M.Si, yang juga hadir di dalam acara ini, mengatakan bahwa program ini merupakan bagian dari program nasional penanaman 1 milyar pohon. “Bapak Bupati Majalengka mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyakarat Majalengka, khususnya kepada TP PKK Kabupaten Majalengka, yang telah berpartisipasi dalam program ini. Mudah-mudahan, dengan keterlibatan TP PKK hingga tingkat Desa, program ini berhasil mendorong masyarakat untuk lebih tergugah di dalam melestarikan lingkungannya,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *