BP3K SUKAHAJI GELAR REMBUG PETANI

Sukahaji, (5/1)

IMG_20150106_104206Memasuki musim tanam tahun 2015, BP3K Kecamatan Sukahaji menggelar Rembug Petani 2015, yang bertempat di aula BP3K Sukahaji. Acara dibuka oleh Kepala BP3K Sukahaji, Sarma, dengan peserta para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kecamatan Sukahaji. Turut hadir pula Camat Sukahaji, H. Sidharta, S.STP., MP, Sekcam Sukahaji Rachman, S.Sos serta Penyuluh Pengawas dari BP4K Kabupaten Majalengka, Ibu Iar Tejasuminar.

            Dalam sambutannya, Camat Sukahaji mengajak para petani yang tergabung di Poktan dan Gapoktan, untuk turut serta secara aktif mengamankan dan melaksanakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Majalengka di sektor pertanian. “Pak Bupati mengamanatkan untuk mengamankan program-program yang diluncurkan oleh pemerintah guna memperkuat petani dan kelembagaan Poktan/Gapoktan, seperti PUAP,” paparnya di dalam sambutan pembukaan. Disampaikan pula oleh Camat, bahwa akan ada investasi yang  masuk di Majalengka di sektor pertanian. “Sebentar lagi di Majalengka akan dibangun pabrik pengolahan ubi jalar. Silakan para petani terutama yang sudah terbiasa bercocok tanam ubi jalar, untuk menangkap peluang pasar yang baru, karena ditawarkan harga yang stabil kepada petani untuk membeli produk ubi jalarnya,” jelasnya lagi.

IMG_20150106_094218

            Sementara itu, Kepala BP3K Sukahaji, Sarma, menjelaskan mengenai maksud dari dilaksanakannya rembug petani ini. “Acara ini digelar dengan maksud untuk sosialisasi program dan sekaligus penyerapan aspirasi para petani serta sinkronisasinya, untuk dilaksanakan di musim tanam 2015,” katanya dalam sambutan. Dikatakannya pula, bahwa Sukahaji mengikutsertakan salah satu gapoktan mengikuti lomba tingkat kabupaten. “Gapoktan Wangi Saluyu pimpinan Bapak Jauhari Saumudin dari Desa Sukahaji mewakili Kecamatan Sukahaji mengikuti lomba di tingkat kabupaten. Mudah-mudahan dapat berprestasi dan mengharumkan nama Kecamatan Sukahaji, dan dapat menularkan ilmunya kepada gapoktan-gapoktan lainnya,” demikian harapannya.

            Selanjutnya, Penyuluh Pengawas Kecamatan BP4K Kabupaten Majalengka, Iar Tejasuminar, di dalam paparan materinya menjelaskan beberapa hal penting yang menjadi prioritas dan program kerja BP4K Kabupaten Majalengka, diantaranya penguatan program PUAP serta pembentukan dan penguatan peran Posluhdes. “Diawali dari rintisan pada program FEATI, posluhdes adalah wahana penyuluhan oleh petani. Para petani dituntut lebih cerdas dan pandai serta memahami permasalahan pertanian yang menjadi bidangnya, untuk kemudian dapat menyebarluaskan pengetahuannya itu kepada sesama rekan petani di poktan maupun gapoktan,” paparnya menjelaskan. “Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya revitalisasi penyuluhan, dimana penyuluhan bukan hanya menjadi tugas dan kewajiban petugas penyuluh saja, termasuk juga dilakukan oleh petani untuk para petani lainnya,” sambungnya lagi. Penyuluh pertanian yang murah senyum ini melanjutkan penjelasannya, bahwa organisasi kelompok tani maupun gabungan kelompok tani harus dapat meningkat kapasitasnya. “Poktan dan Gapoktan bukan hanya sekadar tempat berkumpul dan melaksanakan tugas administrasi saja, tetapi harus dapat melakukan aktivitas ekonomi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani anggotanya,” katanya mengakhiri penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *