WAKIL BUPATI RESMIKAN PEMBANGUNAN MASJID JAMI AL ISLAH CIOMAS

Sukahaji, (14/1)

IMG_20150114_144722Wakil Bupati Majalengka, Dr. H Karna Sobahi, M.MPd, meresmikan dimulainya renovasi dan pembangunan Masjid Jami Al Islah di Desa Ciomas Kecamatan Sukahaji. Masjid ini rencananya dibangun dua lantai dan diproyeksikan dapat menampung jamaah sholat hingga 500 orang. Acara dihadiri pula oleh Camat Sukahaji, H. Sidharta, S.STP, MP, Kapolsek Sukahaji AKP Mohadi, SH, Danramil Sukahaji Kapten (Inf) Maman Sudirman, para kepala UPTD se-Kecamatan Sukahaji, para Kepala Desa, Kepala Sekolah, tokoh masyarakat dan alim ulama serta pimpinan dan jamaah majelis ta’lim Desa Ciomas.

IMG_20150114_145209Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan bahwa sudah banyak masjid yang ia hadiri pembangunan dan peresmiannya. “Selama 6 (enam) tahun saya menjabat Wakil Bupati, telah 75 masjid saya kunjungi, untuk diresmikan pembangunannya maupun penggunaannya,” katanya. Wabup menjelaskan bahwa pembangunan masjid merupakan tanggung jawab umat. “Banyak keutamaan sebagaimana dijelaskan dalam hadist, bahwa orang yang membangun masjid ketika hidupnya di dunia, maka Allah akan membangunkan istana di surga kelak,” katanya. “Jangan gembira dulu bila ada satu orang yang menyanggupi untuk membiayai seluruhnya pembangunan masjid ini, sebab kita umat Islam yang lainnya akan kehilangan kesempatan mendapatkan keutamaan sebagaimana dijelaskan oleh hadist tadi. Untuk itu, saya mengajak seluruh umat Islam di Ciomas, untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan, turut aktif membantu pembangunan masjid ini,” jelasnya lagi. “Insya Allah, tidak perlu memakan waktu bertahun-tahun masjid ini akan segera selesai pembangunannya,” lanjutnya. Pada kesempatan tersebut, Wabup Karna berkenan memberikan bantuan berupa semen sebanyak 100 zak. “Mudah-mudahan bermanfaat,” katanya di akhir sambutan.

IMG_20150114_142224Sementara itu, Ketua Panitia pembangunan Masjid Jami Al Islah, Maman S., S.Pd, menjelaskan bahwa sebenarnya pembangunan masjid sudah dimulai sejak pertengahan Desember 2014 lalu. “Saat itu kami menilai bahwa momentumnya sangat tepat, dimana animo dan dorongan masyarakat yang begitu besar, menguatkan kami panitia untuk berketetapan segera memulai pembangunan. Hingga saat ini, kami sudah mengerjakan sebagian besar pondasi masjid,” katanya dalam sambutan. “Rencananya masjid ini akan menelan biaya sebesar kurang lebih 3 milyar rupiah dengan estimasi waktu penyelesaian selama lima tahun, dan sampai saat ini dana yang sudah masuk berada pada kisaran tiga ratus jutaan yang seluruhnya merupakan swadaya masyarakat,” lanjutnya lagi.

            Pada kesempatan lain, Camat Sukahaji, Sidharta, mengatakan bahwa sangatlah positif antusiasme masyarakat Ciomas dalam upayanya membangun masjid yang lebih representative. “Walaupun ukuran religious bukanlah dilihat dari banyaknya atau bagusnya sarana peribadatan saja, tetapi yang terpenting adalah kesungguhan dan keikhlasan umat Islam Desa Ciomas dalam melaksanakan syariat agama dan mensyi’arkannya, melalui aktifitas ibadah yang meningkat di tempat peribadatan, yaitu masjid, yang memadai dan representative,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *