PUSKESMAS SUKAHAJI GELAR BAKTI SOSIAL

IMG_00003732

Sukahaji, (9/6)

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Majalengka ke 525 tahun 2015, UPTD Puskesmas Sukahaji menggelar bakti sosial berupa pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kegiatan bakti sosial kali ini memprioritaskan daerah/wilayah masyarakat yang aksesnya jauh terhadap fasilitas kesehatan milik pemerintah, yaitu mengambil tempat di Blok Leuweung Peundeuy Desa Palabuan. Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Kecamatan Sukahaji dan Pemerintah Desa Palabuan.

Kepala UPTD Puskesmas Sukahaji H. Ida Heri Yani, SKM., MH. Kes., mengatakan bahwa ada alasan kuat yang mendasari pemilihan lokasi bakti sosial ini di gelar di Blok Leuweung Peundeuy. “Disamping aksesnya jauh dari fasilitas kesehatan, mayoritas penduduknya yang petani ini memiliki tingkat perekonomian yang rendah,” katanya menjelaskan. “Bakti sosial ini berisi kegiatan pengobatan masal, pelayanan imunisasi, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pelayanan pemeriksaan ibu hamil, penjaringan penderita katarak, kusta dan TB paru serta penyuluhan kesehatan berupa perilaku hidup bersih dan sehat rumah tangga,” lanjutnya lagi. Selanjutnya, H. Ida berharap kegiatan bakti sosial ini bisa rutin di gelar setiap tahun. “Harapan kami kegiatan ini dapat berdampak kepada masyarakat berupa peningkatan derajat kesehatan masarakat sesuai dengan tujuan pembangunan nasional serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sukahaji.

Dari pengamatan dilapangan, tampak banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan bakti sosial ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Tidak kurang dari 426 peserta yang dilayani yang terdiri dari 120 bayi dan balita, 220 peserta dewasa, 12 ibu hamil dan 74 peserta usia lanjut.

IMG_00003729IMG_00003734IMG_00003742   IMG_00003747 IMG_00003752