Visi dan Misi

Visi Kecamatan Sukahaji merujuk kepada Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka Tahun 2014-2018, yaitu “ Terwujudnya suatu tatanan masyarakat, pemerintah, dan pembangunan Majalengka yang Maju, Aman, Kondusif, Mandiri, Unggul dan Religius “ , maka Visi Kecamatan Sukahaji ditetapkan sebagai berikut :

“ TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA YANG MANDIRI, BERDAYASAING, PARTISIPATIF DAN PRODUKTIF “

Makna Visi tersebut adalah :

  1. Pelayanan Prima, yaitu pelayanan yang dilakukan oleh aparat pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan cepat, mudah terjangkau, terukur dan berkualitas sebagai jaminan dan kepastian penyelenggaraan pelayanan.
  2. Sejahtera yang merupakan kata dasar dari kesejahteraan mengandung makna aman sentosa dan makmur, selamat terlepas dari segala kesukaran serta selamat tak kurang satu apapun.
  3. Masyarakat mandiri, berarti tidak tergantung dan menunggu bantuan orang lain, terbiasa dengan inisiatifnya mampu berinovasi, sekaligus independen secara ekonomi, relatif mandiri dan bisa membiayai sendiri keperluannya.
  4. Masyarakat yang mempunyai daya saing, mengandung makna memiliki kemampuan, dan atau kekuatan adalah satu kemampuan berdasarkan potensi yang ada untuk bersaing, memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif, dalam kontek pembangunan kecamatan Sukahaji maka produk yang dihasilkan harus dapat unggul secara kualitas, efisien.
  5. Partisipatif, adalah suatu proses keterlibatan masyarakat secara aktif dalam pengambilan keputusan bersama dengan pemerintah.
  6. Produktif, yaitu dapat diartikan sebagai sekumpulan manusia yang memiliki pola perilaku cenderung lebih banyak menghasilkan sesuatu barang yang bernilai lebih.

 

Dalam rangka pencapaian Visi Kecamatan Sukahaji telah ditetapkan misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana
  2. Meningkatkan peran serta dan partisifasi aktif masyarakat dalam perencanaan pembangunan kecamatan
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan
  4. Meningkatkan daya saing dan kemandirian ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Meningkatkan ketertiban dan keamanan wilayah
  6. Peningkatan penatalaksanaan manajemen dan administrasi desa dalam rangka mendukung terwujudnya desa mandiri
  7. Peningkatan pemahaman dan pengamalan ajaran agama disertai penyediaan sarana prasarana keagamaan yang memadai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *